Latihan Pernapasan Dalam
Ibu hamil, biasakan bernapas dalam suapaya pasokan oksigen ke janin makin besar. Mulailah berlatih penapasan dalam saat usia kehamilan ke-35 minggu.
  1. Lakukan di mana saja, sesering mungkin dan secara teratur, agar kebiasaan ini menjadi reaksi spontan dan alamiah.
  2. Duduk dengan punggung, leher dan kepala tegak tetapi relaks. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung sambil menghitung 1-4 (secara bertahap tingkatan sampai 10 atau lebih) sampai paru-paru terasa mengambang. Lalu keluarkan napas lewat hidung pada hitungan yang sama. Selesai mengeluarkan napas, istirahat dulu 1-2 detik. Ulangi 8 kali dengan relaks dan berirama.
  3. Tarik napas perlahan-lahan sambil kedua tangan diangkat lurus sejajar kepala. Rasakan udara mengisi penuh ruangan di dalam paru-paru. Tahan beberapa detik. Hembuskan napas perlahan-lahan sambil kedua bahu turun ke bawah. Ulangi 8 kali.
  4. Jika tidak terbiasa bernapas dalam, awalnya Anda bisa menahan napas beberapa hitungan. Itu terjadi karena saat bernapas dalam, Anda memasukkan banyak oksigen ke dalam darah, sehingga mekanisme di otak yang mengontrol pernapasan jadi agar tergangggu. Untuk mengatasinya, duduk dan bernapaslah perlahan-lahan sampai rasa pusing hilang. Jika tetap pusing, hubungi dokter. Biasanya keluhan itu berangsur-angsur hilang melaluai latihan olah napas teratur. (me)
Baca juga:
Mengatasi Napas Pendek Ibu Hamil

Baca Juga :