Atasi Muntah Berlebihan Saat Hamil
Mual dan muntah atau morning sickness pada kehamilan memang wajar. Namun jika disertai dengan muntah yang hebat hingga lemas atau yang disebut hyperemesis gravidarum hingga menyebabkan dehidrasi, harus segera diatasi karena berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Tips mengatasi muntah berlebihan:
  • Konsumsi makanan yang kering, seperti crackers, puding, roti bakar tanpa selai, dan lauk pauk yang kering, seperti ayam goreng, empal daging, dan ikan goreng.
  • Tekanan darah yang menurun pada ibu hamil yang menderita hyperemesis gravidarum mengakibatkan pusing saat bangun tidur. Untuk mengurangi pusing ketika bangun tidur sebaiknya jangan langsung berdiri. Miring kekiri atau kekanan sesaat setelah mata lalu duduk perlahan. Setelah Anda merasa nyaman dan tidak pusing barulah Anda dapat berdiri.
  • Minum satu gelas air hangat setelah bangun tidur.
  • Jadikan buah dan sayur-sayuran sebagai camilan atau snack, sebab buah dan sayur tidak mengandung lemak dan dapat melancarkan pencernaan.
Susu dan vitamin:
  • Rasa mual dan muntah selama kehamilan dapat dikurangi dengan konsumsi vitamin B6. Dokter kandungan Anda biasanya akan  menyarankan  seberapa banyak vitamin B6 yang harus dikonsumsi ketika mual dan muntah berlebihan.
  • Bagaimana dengan susu khusus untuk ibu hamil yang menderita mual dan muntah berlebihan? Pada dasarnya susu diperlukan ibu hamil untuk menambah asupan kalori. Beberapa produsen susu ibu hamil memiliki susu ibu hamil khusus untuk penderita mual dan muntah berlebihan. Perbedaan dengan susu ibu hamil biasa hanya terletak pada kandungan vitamin B6 dan protein yang dapat mengurangi rasa mual, sedangkan nilai kalorinya sama, yaitu rata-rata 200 kalori setiap gelasnya. (me)

Baca juga:




Baca Juga :